BANTAENG – Pemerintah Desa Bonto Jai, Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng, menggelar Launching Buku berjudul ‘Menulis Desa, Membangun Indonesia serta Pencanangan Desa Literasi di Kabupaten Bantaeng’, bertempat di Aula Kantor Desa Bonto Jai, Minggu (5/6/2022).

Baca Juga : Peringati Hari Lingkungan Hidup, SP Anging Mammiri Pertanyakan Komitmen Pemerintah 

Launching Buku dan Pencanangan Desa Literasi dilakukan langsung oleh Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Haris dan Kepala Dinas Statistik dan Informasi kabupaten Bantaeng.

Dengan terbitnya buku ini diharapkan menjadi semangat untuk terus menggerakkan aktivitas-aktivitas literasi di desa.

Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin yakin bahwa launching buku ini memiliki manfaat yang sangat besar untuk hari esok.

“Kita melakukan launching buku yang saya yakini memiliki kebermanfaatan yang sangat besar,  ada motivasi untuk seluruh elemen mampu menemukenali persoalan dan merangkum informasi yang ada di kehidupannya, Saya yakin itu tidak hanya bermanfaat hari ini tetapi hari esok memiliki manfaat yang sangat besar,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ilham berharap apa yang dilakukan Desa Bonto Jai tidak sampai di sini, tetapi desa-desa lain dan lembaga serta organisasi dapat berkontribusi salah satunya dengan menerbitkan buku.

“Saya berharap bahwa apa yang dilakukan hari ini tidak berhenti di Desa Bonto Jai, tetapi di desa-desa yang lain, lembaga, organisasi di kabupaten Bantaeng mampu memberikan kontribusi salah satunya dengan menghadirkan sebuah buku,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Bonto Jai, Amiluddin, berharap ini menjadi langka starting untuk terus semangat melakukan aktivitas literasi di desa.

“Harapan kami selaku pemerintah desa setelah Lunching Buku dan Pencanangan Desa Literasi tentu menjadi langkah starting awal untuk terus melakukan aktivitas literasi di tingkat desa, Bukan berhenti ada buku yang diterbitkan tapi menjadi semangat bagi kami terus melakukan gerakan literasi,” pungkasnya.

Kemudian, dirinya juga berharap kedepannya terdapat buku-buku lagi yang terbit dari warga Sesa Bonto Jai.

“Mudah-mudahan kedepanya ada lagi buku-buku yang akan terbit dari warga Bonto Jai,” harapnya.

Dijelaskan Amiluddin bahwa tulisan pada buku Menulis Desa, Membangun Indonesia murni tulisan dari warga desa Bonto Jai.

“Tulisan ini murni ditulis dari warga Desa Bonto Jai di dibantu oleh Boetta Ilmu dan Boentaeng Institut,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Bisaappu, Sejumlah Penggiat literasi di kabupaten Bantaeng, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda,Para Penulis buku Menulis Desa, Membangun Indonesia serta Mahasiswa KKN UMI Posko Bonto Jai.