RAKYAT NEWS, BANTAENG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantaeng gelar pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi sopir angkutan umum yang mengangkut pemudik. Dari pelayanannya, mulai dari cek tekanan darah, kolesterol hingga tes narkoba.

Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Bantaeng sekaligus Koordinator Pelaksana dr. Armansyah mengatakan pemeriksaan kesehatan ini gratis dan tidak dipungut biaya berapapun.

“Untuk pemeriksaannya itu gratis, sama sekali tidak dipungut biaya,” kata, Selasa (9/4/2024), dikutip dari detiksulsel.

Pemeriksaan kesehatan gratis ini berlangsung di Pos Pelayanan Terpadu Operasi Ketupat Pallawa 2024 di Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Selasa (9/4/2024). Program ini diharapkan dapat membantu pemudik dan para sopir selama perjalanan.

Lebih lanjut, kegiatan pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan para sopir yang mengangkut pemudik dalam melakukan perjalanan ke kampung masing-masing.

“Alhamdulillah giat pemeriksaan pemudik kali ini bertujuan untuk memastikan kesehatan pemudik dalam menjalani perjalanan ke kampung halaman masing-masing,” ujarnya.

Menurutnya, pemeriksaan ini juga untuk sopir angkutan umum untuk lintas daerah, dia menyebut ada 25 orang sopir yang telah memanfaatkan fasilitas ini.

“Sopir angkutan umum sama sopir kampas yang diluar kota, itu yang kita periksa. Supaya mereka bawa penumpang aman,” bebernya.

Dia menambahkan para sopir tersebut juga dites urinenya. Hal ini untuk memastikan para sopir tidak mengkonsumsi narkoba dalam berkendara.

“Iya jadi tadi alhamdulilah negatif hasilnya, Iya, (lintas daerah),” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu sopir angkutan umum asal Kabupaten Jeneponto Rusman menyambut baik program ini. Dia menilai pemeriksaan kesehatan bagus untuk para sopir.

“Bagus kali karena bisa memantau kesehatan driver-driver selama proses mudik,” katanya.