RAKYAT.NEWS, BANTAENGPenjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin memimpin penanaman perdana bibit pisang Cavendish di lahan seluas 1 ha yang terletak di Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng, sebagai salah satu rangkaian Hari Jadi Bantaeng ke-769 Tahun, pada Kamis (7/12/2023).

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, mengajak semua elemen untuk memanfaatkan lahan-lahan yang kosong sebagai budidaya tanaman yang produktif. 

“Momentum Hari Jadi Bantaeng ini harus dijadikan sebagai momentum perubahan, dimana seluruh masyarakat Kabupaten Bantaeng harus merubah fikirannya jangan ada lagi lahan di kampung yang tidak ada isinya. Sangat disayangkan jika lahan kosong dibiarkan begitu saja. Sekarang sudah ada bibit tanaman pisang candevish yang bernilai ekspor,” ujarnya.

Pj. Gubernur Sulsel, bersama Pj Bupati Bantaeng, dan Bupati Bulukumba beserta para unsur Forkopimda dan para Pimpinan OPD, secara serentak menanam bibit pisang Cavendish sebagai simbol harapan akan pertumbuhan sektor pertanian yang berkelanjutan di Sulawesi Selatan.

Melalui momentum Penanaman pisang ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan pertanian dan mempromosikan varietas pisang yang memiliki potensi pasar yang tinggi. Penanaman perdana ini juga memperkuat sinergi antara Pemerintah Provinsi dan Daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Luas lahan yang ditanami pada hari ini sebesar 1 Ha, namun total keseluruhan luas Kelompok Tani Sahabat yang akan ditanami seluas 5 Ha.